Wednesday 2 September 2015

Apa itu Teknik Industri

         

        Menurut Wikipedia Teknik industri adalah cabang dari ilmu teknik yang berkenaan dengan pengembangan, perbaikan, implementasi, dan evaluasi sistem integral dari manusiapengetahuan, peralatan, energimateri, dan proses. Tetapi menurut IIE (Institute of Industrial EngineeringTeknik Industri adalah suatu teknik yang mencakup bidang desain, perbaikan, dan pemasangan dari sistem integral yang terdiri dari manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan dan energi. Hal ini digambarkan sebagai pengetahuan dan keterampilan yang spesifik pada metematika, fisika, dan ilmu-ilmu sosial bersama dengan prinsip dan metode dari analisis keteknikan dan desain untuk mengkhususkan, memprediksi, dan mengevaluasi hasil yang akan dicapai dari suatu sistem. 
           Jurusan teknik industri itu sebenarnya belajar mengenai banyak hal. Kita tidak hanya belajar mengenai sains, namun juga sosial. Cakupannya luas, bahkan banyak juga pelajaran jurusan lain yang kami pelajari meskipun tidak sedetail jika dipelajari di jurusan khusus. Intinya, jurusan ini mengajarkan bagaimana kita bisa membuat segala sesuatu menjadi lebih efisien, baik dari segi sistem, biaya, waktu, dll, sehingga pada akhirnya bisa memberi keuntungan lebih dan menekan biaya yang dibutuhkan. Hal yang kami pelajari di teknik industri juga adalah pola pikir dan cara kami menyelesaikan masalah (problem solving skill) dan juga kemampuan analisa. Teknik industri bukanlah mengenai teori-teori saja, tapi juga mengenai cara berpikir dan menganalisa dan memecahkan masalah. Hal ini dapat kami pelajari karena pelajaran-pelajaran di teknik industri sangat realistis dan dapat diterapkan di berbagai bidang.
     teknik industri telah berkembang luas dalam dua dekade terahir ini. Sesuai dengan nature industri yang pendefinisiannya sangat luas; yaitu mulai dari industri yang menghasilkan produk-produk fisik (manufacture) atau jasa (service), sampai ke industri dasar yang banyak berhadapan dengan persoalan-persoalan teknis atau industri dasar yang lebih menonjolkan aspek-aspek ekonomis pemasarannya. Demikian juga problem yang harus dikaji oleh teknik industri yang awal mulanya lebih terkonsentrasi ke lantai produksi terus melebar luas mengarah ke problem manajemen industri (perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengndalian sistem produksi ) yang harus pula mempertimbangkan faktor sistem lingkungan dalam proses pengambilan keputusan. Dalam hal ini disiplin teknik industri mengkedepankan konsep sistem, analisis sistem dan pendekatan sistem dalam setiap proses pangambilan keputusan. Teknik industri melihat segala permasalahan industri dengan tinjauan dari aspek-aspek teknis (engineering) maupun non-teknis (sosial-ekonomis). Wawasan tekno-sosio-ekonomis” akan mewarnai penyusunan kurikulum pendidikan teknik industri dan merupakan karakteristik yang khas dan membedakan disiplin ini dibandingkan dengan disiplin-disiplin lainnya.
     Jadi Keuntungan dalam memillih Teknik industri ini salah satunya adalah peluang mendapatkan pekerjaan lebih besar daripada jurusan teknik yang lainnya. Memiliki peluang kerja yang besar dikarenakan lulusan teknik industri dibekali wawasan luas sehingga dapat memahami dampak penerapan keilmuan Teknik terhadap konteks global/sosial, serta mampu merancang sistem manajemen yang sesuai dengan karakteristik sistem manufakturnya.
           

No comments:

Post a Comment