Wednesday 2 September 2015

Tips Beretika Dalam Internet (Nettiquette)

       chatting, namun mungkin masih banyak dari kita belum mengetahui tentang etika berinternet (Nettiquette), contoh kecilnya adalah ketika kita menggunakan layanan E-Mail (Electronic Mail). Berikut beberapa nettique di antaranya:
Internet merupakan kata yang sudah tidak asing lagi bagi hampir setiap manusia di bumi ini. Kita bisa melakukan apa saja diinternet, salah satunya adalah

Perlakukan Email Secara Pribadi
       Email pada dasarnya adalah komunikasi personal, maka jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Anda, maka jangan mengirim kembali informasi tadi ker forum umum, seperti: Kelompok grup atau mailing-list. Hal ini untuk menghargai informasi yang anda dapatkan dari sang pemberi informasi.


Jangan Membicarakan Orang Lain
       Jangan membicarakan orang lain atau pihak lain, apalagi kejelekan-kejelekannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. Email memiliki fasilitas bernama "Forward", yang mengizinkan si penerima akan meneruskan nya (forward) ke orang lain. Kita tidak tahu siapa saja yang ada dalam dunia maya sehingga infomasi yang tersebar masih bersifat tidak pasti atau sekedar desas-desus.

Jangan Gunakan Huruf Kapital dan Hati-Hati dalam Penggunaan Tanda Baca
       Seperti halnya membaca surat kabar atau surat, membaca persan email yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, teutama dalam tata krama berkomunikasi dengan email/chat, penggunaan huruf besar biasanya dianggap berteriak atau marah. Begitu pula dengan tanda baca, seringkali tanpa sadar kita mencantumkan tanda seru pada lawan interaksi kita, untuk individu yang belum begitu akrab bisa saja menganggap anda memerintah karena fungsi tanda baca itu sendiri. Mungkin saja maksud anda hanya untuk memberi tekanan pada maksud Anda, namun, kita belum tentu mengetahui karakteristik tiap individu di dunia maya. Oleh karena itu , ingatlah untuk selalu berinteraksi dengan hati-hati.

Jangan Terlalu Banyak Mengutip
       Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas 'Reply' dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis kedalam isi surat Anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan saja.

Jangan Gunakan CC
        Jika Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list), usahakan atau hindari mencantumkan nama-nama pada barisan CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima email Anda, akan bisa melihat alamat-alamat email orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat emailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (Blind Carbon Copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat emailnya sendiri.

Jangan Gunakan Format HTML
         Jika Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML tanpa Anda yakin bahwa pogram email  rekan Anda bisa memahami kode HTML. Jika tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong, sebaiknya, gunakan plain text

Jawablah Secara Masuk Akal
        Jawablah setiap pesan email secara masuk akal, jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan email  yang panjang lebar, dan Anda menjawab dalam satu kata: Good, Wah, ini sangat menyebalkan sekali. Posisikan diri Anda pada penerima pesan Anda, sehingga Anda akan paham bagaimana jika anda diperlakukan seperti itu.

Hunakan Singkatan yang Sudah Lazim Digunakan, untuk Efisiensi Penggunaan kata
         Untuk efisiensi penggunaan kata, frase atau istilah By the Way (ngomong-ngomong) disingkat menjadi BTW. In My Opinion (menurku) disingkat IMO. Because (karena) bisa disingkat menjadi 'coz'. Penggunaan kata sapa Bahasa Inggris misalnya, kalimat How are you?, bisa diganti menjadi How R U ? Dan sebagainya, seperti yang anda sering gunakan dalam bersosial media. Sebab kata-kata seperti ini seringkali mempersingkat waktu mengetik dan cukup menyenangkan jika disampaikan dalam percakapan asal tidak berlebihan.


Tambahan dari saya pribadi:

Jangan Menggunakan Kata-Kata yang "Alay"
        Mungkin sudah sering kita dengar kata kata alay, atau yang sering kita sebut sebagai tulisan alay. Yang awalnya penulisan apasaja berubah menjadi "4p454ja", imut menjadi "imhoet". penulisan ini kerap sekali dilakukan oleh anak wanita yang baru menginjak masa remaja, namun tidak menutup kemungkina kalau laki-laki juga menggunakannya. Tulisan alay sangat tidak dianjurkan dikarenakan pembacanya kerap menggelengkan kepala karena tidak mengerti tulisan tersebut. Penulisan alay sangat dilarang keras digunakan untuk mengumpul tugas atau yang sifatnya formal.        
   
               

No comments:

Post a Comment