Wednesday 2 September 2015

Perkembangan Teknologi


         
     Dijaman modern ini teknologi harus dituntut bisa berkembang secepat mungkin tanpa harus meninggalkan segi keamanan tersebut. Jika kalau harus dibayangkan, itu seperti halnya koran yang tiap harinya memiliki berita yang ter-update. Contoh dari perkembangan teknologi yaitu pada zaman dahulu kita berkomunikasi dengan saudara kita yang berada sangat jauh dari kita menggunakan surat pos, itupun kita harus menunggu beberapa hari hingga suratnya telah sampai, sedangkan pada zaman modern sekarang ini kita tidak perlu menunggu beberapa hari, kita hanya menunggu beberapa menit bahkan beberapa detik saja surat kita telah sampai ke saudara kita yang jauh dari kita menggunakan surat elektronik (Surel) atau yang sering disebut E-mail. Di zaman modern ini teknologi juga harus dituntut harus menghasilkan sesuatu dengan cepat/singkat, contohnya saja Printer 3D yang merupakan teknologi pembuat sesuatu yang menciptakan barang dengan instant, yang awalnya kita membuat suatu barang dengan memakan waktu berhari-hari bahkan bisa berbulan-bulan, dengan printer 3D ini hanya memakan waktu beberapa jam.

        Dampak perkembangan teknologi memilik dua sisi yaitu; Sisi positifnya adalah masyarakat yang menjadi pengguna aktif teknologi, situs-situs, serta media komunikasi sosial, mereka dapat menyampaikan informasi dan juga mendapatkan informasi secara lebih mudah. Komunikasi khususnya di Indonesia terasa seakan menjadi lebih mudah seiring perkembangan teknologi ini.Bila dilihat dari sisi negatifnya, kemajuan teknologi ini membuat orang menjadi malas untuk berkomunikasi secara langsung. Orang lebih memilih berinteraksi melalui handphonenya ketimbang berkomunikasi dengan orang disekitarnya. Contoh, seorang anak sibuk ber-chatting dengan teman melalui handphone miliknya ketimbang berbicara dengan saudaranya saat acara keluarga sedang berlangsung. Kadang kemajuan teknologi ini juga membuat seseorang menjadi kurang peka dengan ekspresi saat sedang berkomunikasi dengan lawan bicaranya.
      Kemajuan di bidang teknologi ini sangat berdampak terhadap berbagai aspek. Aspek tersebut diantaranya di sektor ekonomi dan juga sosial. Berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo), salah satu dari jajaran Menteri Republik Indonesia tersebut menyatakan bahwa Indonesia sebagai salah satu negara yang masyarakatnya terbanyak mengakses Internet di dunia. Selain itu, ada juga sebuah lembaga riset menyebutkan bahwa Indonesia merupakan peringkat ke lima dalam daftar pengguna smartphone terbesar di seluruh dunia. Di dalam data tersebut juga disebutkan bahwa Indonesia menduduki posisi 5 besar dengan pengguna aktif internet yakni sebanyak 47 juta atau sekitar 14% dari seluruh total pengguna ponsel.

No comments:

Post a Comment