Wednesday 2 September 2015

Balikpapan Kota Tercinta Sedunia

       
       Pasti tidak asing dong dengan kota yang memiliki julukan kota miyak ini. Kota yang berada di daera kalimantan ini memiliki segudang prestasi, jadi tidak heran kalau kota ini dinobatkan sebagai kota yang paling dicintai sedunia. Penghargaan ini didapatkan dalam kampanye We Love Cities di WWF Earth Hour City Challenge 2015 yang digelar di Seoul, Korea Selatan.  Jika anda masih ragu mari kita deskripsikan beberapa penghargaan yang pernah diraih dari kota balikpapan ini.


Balikpapan Merupakan Kota Terbersih Se-ASEAN
        Dalam acara ASEAN Environmentally Suistanable Cities (ESC) Award 2014 yang berlangsung di Loa Plaza Hotel, Laos, Balikpapan tidak main main langsung mendapatkan 3 kategori penghargaan yakni, Clean Land, Clean Water, dan Clean Air sehingga itulah Balikpapan menjadi Kota Terbersih Se-ASEAN (Asia Tenggara).


      Tidak hanya berprestasi di luar negeri, ternyata Balikpapan telah mendapatkan piala Adipura sebanyak 18 kali. Bagi yang tidak tau apa itu piala adipura, Adipura adalah penghargaan bagi kota diIndonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Balikpapan Merupakan Kota dengan Lalu Lintas Paling Tertib Se-Indonesia
        Selain Balikpapan sebagai peraih piala adipura, ternyata Balikpapan juga mendapatkan piala penghargaan Wahana Tata Nugraha, Wahana Tata Nugraha merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah Republik Indonesia kepada kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Kota Balikpapan dari tahun ketahun berhasil meraih penghargaan tersebut, terhitung dai tahun 1992 hingga 2014 Kota Balikpapan berhasil meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha sebanyak 18 kali.


Balikpapan Surga Para Pendatang
       Menurut Tribun Kaltim, tercatat hingga oktober 2014, jumlah penduduk luar daerah yang datang ke Balikpapan mencapai 26.761 jiwa. Kebanyakan didominasi warga dari jawa dan sulawesi. Oleh karena itulah Balikpapan juga merupakan tempat bertemunya antara adat dan budaya yang berbeda, di Balikpapan sendiri warga yang berasal dari daerah lain saling hidup rukun satu sama lain tanpa harus melihat adat dan budaya dari masing masing daerah. 
       Meski banyak suku pendatang ternyata kebanyakan orang tidak tahu apa nama suku asli daerah Balikpapan   
         Situs resmi pemerintah dengan terang menjelaskan bahwa penduduk asli Balikpapan adalah Pasir Balik / Paser Kuleng , walaupun disitus resmi tersebut dikatakan hampir punah dan tersebar didaerah kecamatan Balikpapan seberang (Penajam).


Selain dari tiga pernyataan diatas masih banyak lagi alasan mengapa Kota Balikpapan sangat dicintai. namun untuk sekarang sekian dulu saya memberi penjelasan yang saya berikan, mohon ambil baiknya, tolong tegur kalo ada jeleknya. Sekian dari saya Terimakasih.

No comments:

Post a Comment